23 Januari 2010

Apa Itu Alay ?

Setelah tempo hari kehilangan semangat. Hari ini saya mulai membuka semangat baru, kepercayaan tinggi, integritas, tidak putus asa, jujur, baik,tidak sombong, suka menabung (Hehehehe… ). Oya, kawan-kawan ada sesuatu yang menjanggal di telingan saya yaitu kata “alay”. Apa itu alay? Setelah surfing di mbah jambrong (mbah google nggi) akhirnya saya menemukan banyak definisi tentang alay ini. Ada yang bilang alay itu kampungan, norak, bau kencur, belagu, sok, dll. Setelah saya selidiki ada 2 sumber yang dapat memberikan jawaban.

Menurut sumber ini :
Alay adalah singkatan dari Anak layangan, Alah lebay, Anak Layu, atau Anak kelayapan yang menghubungkannya dengan anak JARPUL (Jarang Pulang). Tapi yang paling santer adalah anak layangan. Dominannya, istilah ini untuk menggambarkan anak yg sok keren, secara fashion, karya (musik) maupun kelakuan secara umum. Konon asal usulnya, alay diartikan "anak kampung", karena anak kampung yang rata-rata berambut merah dan berkulit sawo gelap karena kebanyakan main layangan.


Bagaimana versi dan contoh alay silahkan klik sumbernya disini sob (panjang gan :D)

Menurut sumber sini adalah
Sebenarnya alay itu hanya istilah buatan pengguna komputer saja, jadi mungkin belum ada arti harafiahnya/belum ada di kamus.

Sama seperti istilah2 kayak maho, kroco, dll.

Intinya bagi pengguna komputer yang jam terbang (penggunaan komputernya) lebih dari 1000 jam, aku istilahkan expert. Pasti tahu perbedaan alay sama yang bukan alay. Karena mereka sebelumnya pernah ngalamin, begitu pula aku.

Lalu kenapa disebutnya alay/anak layangan, sebenarnya ada latar belakangnya.

Dulu sebelum ada komputer anak-anak Indonesia mainnya apa? Layangan kan? (yah mungkin banyak yg lainnya seperti gundu, gasing, dsb, tapi layangan yg paling keren lah istilahnya, dan semua daerah pasti ada layangan tapi belum tentu main gundu, gasing, dsb).

Begitu ada komputer, anak-anak Indonesia kan mulai tuh meninggalkan layangan, dan beralih ke permainan komputer (mulai dari CS, Gunboud, RO, game Online lainnya). 


Nah anak2 yang baru mengenal komputer ini yang biasanya disebut alay (anak layangan) dimana jam terbangnya <50 jam

Ciri-ciri alay itu adalah seperti ini 

 1. Baru kenal komputer 

 2. Karena baru kenal komputer, apapun yang ditampilkan di layar dianggapnya harus di "keren2in", jadi biasanya nama akun/tulisan anak alay tuh susah dan buat pusing dibaca
misal, nama akun : fl4m3_0F_r3cc4 (flame_of_recca)
contoh tulisan : 3h k3m4r3n $| iTu m43n s4mA (4ndR4 94 (eh kemaren si itu maen sama candra ga)

nb: tulisan di atas cuma contoh tulisanku pas masih menjadi anak alay :p, tp sih skrg ga. 


 3. Biasanya ga nyambung kalo diskusi di forum2, terkesan spamming, menghina, dan mengganggu user
misalnya ada thread di forum judulnya peran kita sebagai bangsa indonesia, nah alay reply nya nanti bisa aj kayak gini
"oi2 buka ini deh (link)", pas di klik ke web yang ga jelas, atau misalnya si alay ngomong "eh si abc ga usah blagu deh, kalo berani dateng sini" padahal si abc user lain aja ga tw keberadaannya, dan ga ad hubungannya dengan topik, dan lainnya.
nanti biasanya ada reply dari orang yang tulisannya "alay detected". 


 4. Biasanya suka menghina orang2 baik dalam game online, maupun dalam forum2 online dan terkesan menantang/mengajak ribut, karena keberadaannya anonymous (tidak ada yang tahu dan menggunakan nama samaran).
intinya sih alay tuh orang yang serba ingin tahu (karena baru saja menemukan hal baru selain layangan yang lebih keren yaitu komputer). Namun rasa ingin tahunya itu yang seperti diatas itu.


Menurut hemat saya, definisi alay masih belum begitu jelas. Mungkin karena pengaruh bahasa gaul Jakarta mangkanya banyak orang yang memakai kata alay. Sama halnya dengan lebay, itu juga bahasa gaul Jakarta. Saya tidak tahu pasti kenapa sekarang anak jaman sekarang pakai bahasa yang tidak dimengerti orang banyak. 

Anggi inside : “Emang kamu bukan anak jaman sekarang nggi?”
Anggi : “ bukan..”
Anggi inside : “Terus anak jaman apa?”
Anggi : “anak akhir jaman”
Anggi inside : “Prikitiu”








30 komentar:

JHONI
Sabtu, 23 Januari, 2010

wkwkwkwkwkw..........."alay abis" qiiqiqiqiq......saya juga gak tahu deh apa artinya alay.......tapi kalo dikunjungi sama anynomous yang menghina ada tuh!!!!

secangkir teh dam sekerat roti
Sabtu, 23 Januari, 2010

hahahha... sapa ya yang alay!

Aulawi Ahmad
Sabtu, 23 Januari, 2010

oo gitu ta artine alay, kirain sama dengan panggilan orang medan "lay kemana kau!!!" atau "berangkat lay!!!" wkwkwkw...

Sang Cerpenis bercerita
Sabtu, 23 Januari, 2010

tks ya infonya. saya juga mikir apa sih tuh alay.

nuansa pena
Sabtu, 23 Januari, 2010

jadi terbawa mikirin "alay".. padahal "si alay" rumahnya dibelakang rumahku.......waoooo gak nyambung! kabuuuur!

mocca_chi
Sabtu, 23 Januari, 2010

intinya lebay ya wkwkkw

Bayu Lebond
Sabtu, 23 Januari, 2010

alay kan kudapat mengungkapkan perasaan ku (lagune sopo hayoooo)

Kang Sugeng
Sabtu, 23 Januari, 2010

saya malah... baru tau skrg Bro arti kata alay itu

albertus goentoer tjahjadi
Sabtu, 23 Januari, 2010

wah... dapat info baru nih mas... makasih ya... eh ada award di rumahku untuk mas... diambil ya...

ikeys
Sabtu, 23 Januari, 2010

buahahaha. menghibur :)
mampirrr

Laksamana Embun
Sabtu, 23 Januari, 2010

walaupun dulu alay tapi sekrang g alay lagi kan.. Semoga sukses kang..

genial
Minggu, 24 Januari, 2010

prikitiiiiiiwww... asoy kita ber-alay ria :p

chiyoko
Minggu, 24 Januari, 2010

anggi anggi ,
sipbh .
ini tema lagii booming ,
tapi aku bukan anak alay lo . hhehe .

rio2000
Minggu, 24 Januari, 2010

bukannya alay itu yg biasa di nyanyikan suporter bola? alay-alay-alay

salah yah.... :p

Munir Ardi
Minggu, 24 Januari, 2010

ayo semangat dan terus berkarya datang lagi aku mas Anggi

Clara
Senin, 25 Januari, 2010

hehehe, di pasar biasanya juga banyak alay XD

Abi Sabila
Senin, 25 Januari, 2010

jujur, malah baru tahu di sini.

Shin-kun
Senin, 25 Januari, 2010

alay itu bukannya lagunya Ricky Martin di WC 1998?, yang unostress alay alay alay itu?, hwahaha *ngasal*. Tapi 1 hal yang kita sejalan, kalo si alay ini memang anonymus, berarti nyebelin, hihihi...

J O N K
Senin, 25 Januari, 2010

oh alay itu begono ya, baru tau hahahahhaa. secara ada seorang teman yang suka ngata-ngatain orang ... alay :D

NURA
Selasa, 26 Januari, 2010

salam sobat
wah itu bahasa gaul ya,,di zaman sekarang ,khususnya anak remaja.
lebay dan alay..masih belum dimengerti oleh orang tua seperti saya nich,,
mungkin lebay tuh artinya mirip lemah,bencong,kecewek-cewekan dll.
tapi kalau alay ,,masih bingung apa to?

tukangpoto
Selasa, 26 Januari, 2010

Waduh saya juga masih termasuk alay nih dalam dunia online..hehe. Salam jepret!

catatan kecilku
Rabu, 27 Januari, 2010

Aku malah baru tahu istilah "alay" itu disini.
Emang dapat kata alay dari mana sih ?

the others....
Rabu, 27 Januari, 2010

Aku sering gak nyambung kalau diajak ngomong pake bahasa gaul. Syusyah syih... hehehe

Maaf ya baru sempat mampir... :D

Laston M Nainggolan
Rabu, 27 Januari, 2010

bro.. dalam bahasa batak, alay itu artinya Tetapi....ehehhehe

Zippy
Kamis, 28 Januari, 2010

Duh..mudah2'an saya gak termasuk alay... Hehehhehe...
*Tapi kadang2 suka alay kayaknya :D

sewa mobil murah
Rabu, 03 Februari, 2010

iya hahah
kadang malah sering kalo aku diajak ngomong basa gaul
gak nyambung

saka
Kamis, 04 Februari, 2010

Alay anak lihay,,, wkwkwkw
kunjungan balik sob....

Anonim mengatakan...
Rabu, 17 Maret, 2010

Alay>>>
Hha..

Bnyag x iank gag tau pa i2 aLaY..

Meskipond ue nak medan asli bkan nak jKaRta..
V ue tau alay..

v tMend ue iank gg tau aLay kcian x bah..
Ue sering beud ngeledekin mreka..
(hhe..reseh gua!!
Wkwkwk)

Anonim mengatakan...
Selasa, 06 April, 2010

TS alay !

Posting Komentar

terima kasih udah mau meluangkan waktunya untuk memberikan sedikit komentar disini.