30 September 2010

Cara Sehat di Depan Komputer


Bagi seorang blogger tidak bisa dilepaskan dengan yang namanya komputer/laptop. Kok bisa nggi? Nah, kalau mau nge-blog lewat mana kalau nggak lewat komputer/laptop? Lewat alam pikiran bawah sadar? oh.. iye bener... Dengan intensitas yang cukup lama di depan perangkat canggih itu berdampak kurang baik untuk tubuh kita. Salah satu cara agar tetap fit saat di depan komputer adalah sebagi berikut : 
  1. Jika bermain komputer dalam jangka waktu panjang alangkah baiknya menyediakan air minum (air putih atau semacamnya) hal ini dilakukan untuk mengurangi dehidrasi, karena kalau dekat komputer kita kena radiasinya, jadi cepat haus dan dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). Contohnya netter yang duduk lama terus bangun dan tiba-tiba pandangannya jadi gelap (saya sering mengalaminya). Nah ini salah satu cara buat netter mencegah hal itu terjadi.
  2. Alangkah baiknya mengistirahatkan mata 10-20 menit setiap 2-3 jam sekali. Bagusnya lihat pemandangan yang jauh dan berwarna hijau karena warna hijau merupakan warna yang cerah dan di buku ditulis dapat menyegarkan mata yang kecapekan. 
  3. Jangan duduk kelamaan karena bisa mengganggu atau menyebabkan ginjal dan hati kita cepat rusak. Tips yang pertama itu juga berfungsi untuk mencegah hal ini terjadi (lebih baik mencegah daripada mengobati).
  4. Kalau bisa saat berada di dekat layar komputer, Resolusi cahaya atau brightness-nya dikecilkan dan pandangan jarak mata diperjauh dari monitor untuk menghindari radiasi yang berlebihan dari komputer-agar mata tidak terlalu cepat lelah dan cepat rusak.
  5. Bagi yang suka main komputer/laptop dengan matiin lampu, ini sangat berbahaya, selain mempercepat proses perusakan mata. Hal ini juga bisa membuat otak kita menjadi cepat lemah dan rusak.Biasanya membuat mata kita sakit pada keesokan harinya dan menyebabkan mata tidak tahan melihat terang atau cahaya dari luar. 
Posisi penggunaan komputer yang ideal adalah:

1. Pandangan sejajar dengan komputer.
2. Kepala tidak menunduk.
3. Posisi bahu yang santai.
4. Posisi punggung yang tertopang.
5. Gunakan bantalan yang lunak untuk menopang paha bagian bawah.
6. Tangan sejajar lengan bawah.
7. Tinggi monitor yang sejajar pandangan dan lengan.
8. Kaki pada bantalan kaki.

Hal-hal yang salah dalam menggunakan komputer yang menyebabkan kita sakit:

1. Posisi monitor yang menunduk.
2. Leher yang tidak sejajar dengan monitor.
3. Keyboard membentuk sudut dengan pergelangan tangan.
4. Bantalan yang menekan sisi dalam paha.
5. Kaki yang tidak menyentuh lantai.
6. Menggunakan mouse yang terlalu jauh, mengakibatkan kejang otot lengan.
7. Posisi lampu yang tidak tepat. 
Jadi begono teman-teman. Marilah kita jaga dan rawat mata kita dengan sabaik-baiknya. Agar mata kita selalu sehat dan bugar. Terima kasih.

Sumber post : disini
Sumber gambar : mbah google

24 komentar:

Sang Cerpenis bercerita
Kamis, 30 September, 2010

tks infonya ya.

Sandra
Kamis, 30 September, 2010

hahaha... saia full 2-3 jam melototin PC
*IRA or Individual Retirement Account, is a way of saving for retirement.

NURA
Kamis, 30 September, 2010

salam sobat
wah saya harus merubah posisi ,agar posisi ideal dalam menggunakan komputer.
trims sudah berbagi mas.

catatan kecilku
Kamis, 30 September, 2010

Thanks banget utk tipsnya ya...

Herdoni Wahyono
Kamis, 30 September, 2010

Komputer telah menjadi kebutuhan yang utama pada saat ini. Di kantor, sekolah, perguruan tinggi, layanan publik, dan perusahaan perangkat ini banyak membantu mereka. Namun bagaimana dengan operatornya sudahkah mereka memperhatikan kesehatannya ? Artikel ini dapat menjadi referensi bagi mereka bagaimana agar tetap sehat di depan komputer. Trims infonya sobat. Tetap sehat dan enjoy dalam menjelajah dunia maya. Salam sukses selalu.

secangkir teh dan sekerat roti
Kamis, 30 September, 2010

yang hijau hijau itu seprti uang 500 rupiah ya..?

*hehehe

Abi Sabila
Kamis, 30 September, 2010

menambahkan untuk poin nomer dua, lihat pemandangan tentunya bukan pemandangan yang di komputer kan? kalau lihat pemandangan di dekstop sih sama saja alias sami mawon,nggih mboten?

bliyanbayem
Kamis, 30 September, 2010

dulu waktu SMA juga diajarin kayak gitu... tapi kalo lagi asyik mas... suka lupa. apalagi kalo udak PW... posisi wuenak... dudk sambil ngangkat kaki satu di atas kursi. hehehehhehe... ^_^

om rame
Kamis, 30 September, 2010

pada point pertama dan kedua, seLaLu saya Lakukan. tetapi pada point ketiga suka Lupa, karena terLaLu asyik di depan komputer.
point keempat dan keLima seLaLu saya jaga dengan baik, bertujuan menjaga kondisi mata.
trims atas masukannya, sangat bermanfaat bagti orang2 yang aktifitasnya tidak pernah Lepas dari perangkat komputer.

Kang Sugeng
Kamis, 30 September, 2010

kalo sedang asyik, saya suka lupa segalanya, lupa berkedip, lupa minum, lupa berdiri dsb, gimana tu nggi

Aulawi Ahmad
Jumat, 01 Oktober, 2010

wah butuh bangwet tips ini, tq ya :)

Laston M Nainggolan
Jumat, 01 Oktober, 2010

tks.. untuk sharenya kawan........

four dreams
Jumat, 01 Oktober, 2010

ah aku udah pernah baca nih sob :)

Saung Web
Sabtu, 02 Oktober, 2010

Wah ini tips yg harus selalu di pake sob..kadang kita asal2 aja

Dofollow Blog
Sabtu, 02 Oktober, 2010

Thanks atas tipsnya sob.. ini sangat berguna buat para compi mania

Solusi Terbaik
Sabtu, 02 Oktober, 2010

Akses internet kamu dengan cepat dan murah

miwwa
Minggu, 03 Oktober, 2010

Masya Allah mas, matur nuwun ya informasinya.
keadaan saya sekarang : haus sejak tadi tapi ditahan-tahan. sudah berada di depan laptop selama 4 jam. duduk tentu saja. dan lampu kamar dimatikan. segera ubah posisi!!

Tutorial Blogspot Masisir
Minggu, 03 Oktober, 2010

sangat bermanfaat kawan... terima kasih sharingnya,,,

oNiy
Kamis, 07 Oktober, 2010

pengen implementasiin posisi sehat ini nih di kantor..
sayang mejanya udah dipatri.. *hiks, gak bisa deh :'(

the others....
Sabtu, 09 Oktober, 2010

Banyak yg harus aku perbaiki ternyata... hehehe

7 taman langit
Senin, 11 Oktober, 2010

ya terima kasih ilmunya
bagus banget

Asis Sugianto
Kamis, 21 Oktober, 2010

Thank banget nih tipsnya sob,,, setiap hari saya di depan komputer,,, soalnya kerjaan saya berhubungan dengan komputer sob.....

xXx COUTION xXx
Sabtu, 13 November, 2010

Super Sekali, informasi anda sangat membantu sekali.. :D

Aan Aji Prayogi
Selasa, 09 Oktober, 2012

materinya bgs sob n jgn lupa kunjungi my blog follow n like jga at http://aanborneo.blogspot.com/
trims...slm knl... :)

Posting Komentar

terima kasih udah mau meluangkan waktunya untuk memberikan sedikit komentar disini.