15 Desember 2009

Mengatasi “You maybe a victim of software counterfeiting”


Kemarin Minggu, saya menyalakan komputer dan tiba-tiba terdapat tulisan seperti di atas. Background komputer langsung berubah item dan gambar tersebut berada di bawah pojok kanan bawah.
Saya pusing bukan kepalang. Setelah mencari di mbah google dan berbagai sumber akhirnya bisa diatasi. Dan ini caranya :
Untuk menghilangkan peringatan ini buka Registry Editor (regedit.exe). Cari key (panel sebelah kiri, seperti folder dalam Windows Explorer):
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon\Notify\WgaLogon
Hapus folder ini, caranya klik kanan folder tersebut dan pilih [Delete] dan jika ada kotak dialog lagi pilih [Yes]. (Yang ini udah saya coba dan hasilnya 100% bisa)
Atau download file WgaLogonRemover.reg. Jalankan saja dan klik [Yes].
Restart komputer. Komputer akan kembali normal.
Aktivasi manual :
Masuk ke halaman web www.microsoft.com/genuine
Validasi ulang secara manual produkWindows XP anda
Setelah proses validasi selesai, Restart komputer anda.
Seharusnya Windows XP Anda sudah tidak memunculkan pesan error lagi.




Mencegah lebih baik daripada Mengobati
Untuk mencegah hal ini terjadi kembali :
1. Matikan “Windows Automatic Updated” anda. Caranya dengan : Start Menu -> Click Kanan pada Menu MY Computer -> Properties -> Tab “Automatic Updates” -> Hilangkan centang pada “Automatic Updates (Recommended)” -> Gantikan dengan mencentang “Turn Off Automatic Updates”.
2. Buka “Windows Task Manager” dengan menekan tombol Ctrl+Alt+Del. Akhiri proses wgatray.exe dengan mengklik “End Process”
3. Restart Windows XP anda ke “Safe Mode”.
4. Hapus wgatray.exe pada direktori c:\windows\system32 juga pada direktori c:\windows\system32\dllcache
5. Masuk ke”regedit”. Dapat dilakukan dengan mengetik “regedit” pada Menu “Run” pada Start Menu windows. Kemudian buka HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\Current Version\Winlogon\Notify. Lalu hapus folder “wgalogon”.
6. Restart dehh…

17 komentar:

Munir Ardi
Selasa, 15 Desember, 2009

Xpnya genuine nggak

Aulawi Ahmad
Selasa, 15 Desember, 2009

wah bener banget tuh bro, makanya windows updatenya emang harus di off biar aman :) Tq 4 sharing ya :)

Anggi Zahriyan
Rabu, 16 Desember, 2009

@Mas Munir Ardi : maksudnya mas? Windows saya asli bajakan :NS:
@Aulawi Ahmad : iyaa sob. Saya lupa gag di off :EE:

nuansa pena
Rabu, 16 Desember, 2009

Pengalaman anda ku copy, kalau saya mengalami kejadian yang sama nggak bingung, mkalum newbie!

Sang Cerpenis bercerita
Rabu, 16 Desember, 2009

wah, saya pernah nih ngalamin gini. mesti dicoba akh.thanks ya

NURA
Rabu, 16 Desember, 2009

salam sobat
trims sudah diberi tahu caranya
dan sudah diberikan penjelasa pencegahannya,,
sukses selalu mas ANGGI.

Seti@wan Dirgant@Ra
Rabu, 16 Desember, 2009

makasih banyak atas Tipsnya sobat..
beberapa PC di Labkom skulll ngalamin hal seperti ini.

Narzis.net
Rabu, 16 Desember, 2009

Untuk aktivasi manual, itu hanya berfungsi pada windows2 yang emang original..
Nah, kalo yang pake windows versi bajakan, mw gak mau mesti pake tools tersendiri biar dianggap asli sama pak microsoft, xixixixix... :D

Aditya's Blogsphere
Rabu, 16 Desember, 2009

:nge: oooooohhhh ternyata simpel toh benerinya.....komputer q sering gitu soale.......makasih ya pren......

Abi Sabila
Kamis, 17 Desember, 2009

belum pernah ngalamin sih, tapi untung dah dikasih tau duluan, jadi nda perlu acting panik kalo kudu ngalamin. matur suwun kang

Quinie
Kamis, 17 Desember, 2009

huahahaha... untung sayah mampir kemarih... laptop sayah juga kena ginian nih... mo diprint aaah.. makasih yaa

Anita Eka Puspita
Jumat, 18 Desember, 2009

sek ta.
iku teko komputermu murni gak connect mbek internet.?

J O N K
Jumat, 18 Desember, 2009

wah lumayan rumit, tapi patut dicoba

btw, saya ada ide lain : gimana kalau beli windows asli :D, pasti gak usah repot heheheh

Anggi Zahriyan
Sabtu, 19 Desember, 2009

@all : same 2x.. :nge:
@anita : connect mbek internet tapi skrang wez tak disable automotic updatenya.
@JONK : ide cemerlang.. tapi beliin iaa? :T:

Rosi aja
Sabtu, 19 Desember, 2009

informatif banget nih, btw klo ngatasi komputer yg tiba2 sering hang gimana neh Nggi?

Just Bryan
Sabtu, 19 Desember, 2009

Laen kali ati-ati..
Tapi infonya bagus bro..

munir ardi
Kamis, 24 Desember, 2009

datang berkunjung baca artikel menarik sobat

Posting Komentar

terima kasih udah mau meluangkan waktunya untuk memberikan sedikit komentar disini.