17 September 2010

Dibalik Kenikmatan Teh


Di pagi hari yang cerah paling enak membaca koran sambil minum teh hangat. Banyak diantara kita yang suka minum teh. Selain kenikmatan, teh juga mengandung antioksidan dan dapat membunuh bakteri. Apalagi teh hijau, teh cina dan teh hitam inggris, kandungan antioksidannya lebih tinggi dan dipercaya membantu mencegah kanker. Sudah lama orang-orang percaya dengan berita kesehatan ini yang akhirnya menjadi kebiasaan untuk selalu mengonsumsi teh yang banyak. 

Menurut Hiromi Shinya dalam bukunya Miracle of Enzyme, memang benar bahwa antioksidan yang ditemukan dalam teh adalah antioksidan berjenis polifenol, yang mencegah atau menetralisasi efek radikal bebas yang merusak. Namun, jika beberapa antioksidan tersebut menyatu, mereka menjadi sesuatu yang disebut tanin.Tanin menyebabkan beberapa tumbuhan dan buah-buahan memiliki rasa sepat. Rasa “pahit” dalam buah kesemek yang pahit, misalnya, disebabkan oleh tanin. Terlebih lagi, asam tanat berfungsi membekukan protein. Teori beliau adalah bahwa teh yang mengandung asam tanat memiliki efek negatif pada mukosa lambung-yaitu selaput lendir yang melapisi lambung sehingga menyebabkan orang tersebut menderita berbagai masalah lambung, seperti tukak lambung. Dan memang, data klinis beliau membenarkan ini. Dengan meneliti pasien-pasien, beliau menemukan bahwa orang-orang yang banyak minum teh hijau menderita masalah lambung. 

Ketika beliau menggunakan endoskop untuk memeriksa lambung mereka yang secara teratur minum teh atau kopi yang mengandung banyak asam tanat, biasanya mukosa lambung mereka telah menipis akibat perubahan atrofi. Lapisan lambung yang begitu penting itu menyusut begitu saja. Sebuah fakta membuktikan : perubahan atrofi yang kronis atau mag kronis dapat berkembang dengan mudah menjadi kanker lambung.
Fakta :

  • Tanin adalah beberapa antioksidan berjenis polifenol yang mencegah atau menetralisasi efek radikal bebas yang merusak-yang menyatu dan mudah teroksidasi menjadi asam tanat.
  • Asam tanat berfungsi membekukan protein yang berefek negatif pada mukosa lambung.
  • Mukosa lambung orang-orang yang secara teratur minum teh atau kopi yang mengandung banyak asam tanat, biasanya telah menipis akibat perubahan atrofi.
  • Perubahan atrofi yang kronis atau mag kronis dapat dengan mudah berkembang menjadi kanker lambung.
  • Jenis teh yang dijual di supermarket kini menggunakan zat-zat kimia pertanian dalam proses penanamannya.
 

Saran :
  • Minumlah air putih daripada teh.
  • Gunakan daun teh yang ditanam secara organik.
  • Minumlah teh setelah makan dan bukan dengan perut kosong untuk menghindari tekanan berlebih pada lapisan lambung.
  • Batasi sekitar 2-3 cangkir saja per hari.

Semoga bermanfaat :)

15 komentar:

Aulawi Ahmad
Sabtu, 18 September, 2010

aku gak terlalu suka teh, aku maniak kopi hehe, btw ewodmu wes tak pajang tapi sori krn gak nuruti aturannya :)

xXx COUTION xXx
Sabtu, 18 September, 2010

bagaimana dengan teh" bubuk kemasan yg banyak beredar dipasaran, apakah teh itu juga banyak mengandung antioksidan ?? :D

Haeruna
Sabtu, 18 September, 2010

haaa... saia punya asam lambung & mengkonsumsi teh setiap hari 1 gelas gede :-(

munir ardi
Sabtu, 18 September, 2010

mas anggi wah kalau gini aku mau minum air putih saja deh ternyata ada bahaya lain yang mengancam

Bunglon Blog Indonesia
Minggu, 19 September, 2010

wah dl saya suka teh sekarang udah hijrah ke black coffe hehe..
air putih selalu menyehatkan

Sukses Slalu!

Anggi Zahriyan
Minggu, 19 September, 2010

@Aulawi Ahmad : Sama bahayanya masbro. Klo gag berlebihan no problem. Oke, makasih sob :)
@Adji : Sepertinya ada tetapi zat kimianya lebih dominan *sok tau*
@Haeruna : Kalau bisa dikurangi sis, demi kesehatan jangka panjang anda :)
@Bang Munir : Iyaa bang.. Kepercayaan-kepercayaaan tentang kesehatan zaman sekarang tidak memperhatikan tubuh secara keseluruhan.
@Bunglon Blog Indonesia : Yup, ait putih cara mudah untuk sehat :D

atha andriana
Minggu, 19 September, 2010

saya dah terlanjur sering minum teh ni sobat. .
ampe 3 gelas malah sehari .
wah wah , harus di kurangin nihh

tomo
Minggu, 19 September, 2010

teh memang nikmat mak nyus tenan kawand.
aku juga suka meminumnya

joe
Minggu, 19 September, 2010

memang semua yang terlalu banyak itu tidak baik....

Tip Trik Blogger
Minggu, 19 September, 2010

aku juga terbiasa minum Teh Poci Slawi Mantap!

albertus goentoer tjahjadi
Senin, 20 September, 2010

informasi yang bermanfaat mas... thanks ya...

Reza Saputra
Senin, 20 September, 2010

enakan kopi susu gan....

pratiwi hape
Rabu, 22 September, 2010

nahh...sekarang aku tau, kenapa aku sering bermasalah dengan lambung saya. apa karena mungkin saya suka mengkonsumsi teh 2-3 gelas sehari.??
hmmm....terima kasih infonya masbro :)

catatan kecilku
Minggu, 26 September, 2010

Wah.., aku terbiasa mengkonsumsi teh setiap hari nih...

the others....
Minggu, 26 September, 2010

Thanks banget infonya ya.. sangat bermanfaat nih.

Posting Komentar

terima kasih udah mau meluangkan waktunya untuk memberikan sedikit komentar disini.